(TTH) Tahun Tanpa Hutang

Posted: 11 Januari 2012 in Uncategorized

Setiap awal tahun, biasanya perusahaan menetapkan target dan program kerja yang harus dilaksanakan untuk kemajuan perusahaan. Tolak ukur yang menjadi kemajuan perusahaan diantaranya Profit Perusahaan, Penjualan dan Perkembangan Nilai Saham.

Kalau kita bandingkan dengan alat ukur kinerja pribadi dan keluarga, bisakah ini terjadi.

Mungkin diantara para pembaca, ada yang sudah merencanakan apa yang harus dicapai dalam tahun 2012 ini. Ada yang menetapkan target terukur , ada yang menetapkan target secara garis besarnya saja bahkan mungkin ada yang tidak menetapkan target sama sekali.

Saya sendiri mencoba setiap tahun melakukan resolusi, Alhamdulillah rata-rata bisa tercapai. Tahun 2012 ini saya menargetkan untuk tidak menambah lagi hutang. Bahkan kalau bisa melunasi seluruh hutang sebelum masuk ke tahun 2013.

Tahun-tahun sebelumnya memang penuh dinamika dalam pengelolaan keuangan keluarga. Hutang menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kami karena pola yang salah. Memang sebagian hutang ditujukan untuk menambah modal usaha. Namun penambahan hutang tidak diimbangi dengan pemasukan dari usahanya itu sendiri. Dengan kemudahan gesek dari kartu kredit yang sempat berjumlah 6 buah, tak terasa hutang menumpuk yang membuat neraca keuangan keluarga kami menjadi pincang.

Untunglah hal itu tidak berlangsung lama, setelah kepulangan kami dari tanah suci kami sadar pola seperti ini salah. Sedikit demi sedikit hutang dikurangi dengan cara menahan pengeluaran yang tidak perlu, menutup beberapa kartu kredit dan menjual beberapa aset untuk melunasi hutang. Alhamdulillah dengan cara itu, kami bisa bernafas lebih lapang lagi dan mulai menata lagi neraca keuangan kami.

Komentar
  1. Erdien mengatakan:

    Assalamu ‘alaikum!
    Damang Kang?
    Targetn basajan, namung PATEN pisan Kang.
    Mugia sukses sareng sehat nyarengan Akang sakulawargi. Amin!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s