Tidak Sekedar Hari Perempuan

Posted: 8 Maret 2011 in serambi
Tag:,


Hari ini tanggal 8 Maret 2011, diperingati sebagai Hari Perempuan Sedunia. Agak berbeda dengan peringatan hari Ibu setiap tanggal 22 Desember, peringatan hari perempuan tidak dirayakan dengan nuansa busana tertentu seperti halnya pemakaian kebaya dan sebagainya, yang mencerminkan feminisme seorang perempuan.

Hari perempuan lebih diperingati secara batiniah daripada perayaan formalitas secara phisik. Emansipasi tidak sekedar menempatkan hak perempuan sejajar dengan pria, tapi lebih dari itu. Perempuan adalah sosok manusia yang mempunyai dua sisi karakter yang berlawanan yaitu sisi lembut dan sisi keras. Perempuan secara phisik dan tutur kata lebih lembut. Namun di balik itu, mempunyai kekuatan dalam menghadapi permasalahan kehidupan lebih keras dari pada rata-rata seorang pria.

Dengan dua sisi yang mengandung kekuatan yang berbeda inilah, perempuan sebenarnya mempunyai peluang maju lebih besar daripada kondisi sekarang ini. Apalagi dengan perkembangan informasi dan teknologi yang makin memudahkan seorang perempuan secara phisik dari pada era sebelumnya. Sisi phisik yang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan makin berkurang karena makin dominannya mesin dan komputer. Sedangkan di sisi lain, kekuatan pikiran, hati dan kepribadian makin berperan dalam setiap sendi kehidupan.

Saat inilah, perempuan mempunyai kesempatan yang luas untuk mengeksplorasi kekuatannya. Kekuatan yang bisa digunakan tidak hanya untuk menunjukan eksistensi individu namun berperan terhadap lingkungannya mulai dari keluarga, lingkungan kerja, masyarakat bahkan negara dan dunia.
Selamat Hari Perempuan. Semoga eksistensi para perempuan semakin mewarnai dunia.

Komentar
  1. Agus Siswoyo mengatakan:

    Kata lagu-lagu POP, wanita itu racun dunia. Karena dia butakan mata banyak lelaki. hehehe…

  2. paluhlimbuy mengatakan:

    ada yach hari perempuan ? bener baru denger.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s