Musyawarah untuk mufakat

Posted: 25 Januari 2011 in serambi
Tag:,

Ibadah haji tidak hanya melaksanakan proses ritual belaka, tetapi juga ibadah sosial dimana setiap jamaah dituntut untuk berbuat baik, tenggang rasa dan solidaritas selama ibadah.

Hampir di setiap kegiatan baik yang bersifat ritual maupun non ritual haji, diperlukan kekompakan dan kerjasama. Untuk menciptakan suasana dan kondisi seperti itu, peranan seorang pemimpin kelompok sangat menentukan.

Pemimpin kelompok di dalam jamaah haji terdiri dari ketua kloter, ketua rombongan dan ketua regu. Ketua kloter bertanggungjawab terhadap hampir 450-an jamaah yang terdiri dari jamaah haji, tim kesehatan dan tim pembimbing haji. Ketua kloter ini dibantu oleh sekitar 12 orang ketua rombongan.

Ketua rombongan memimpin 30 sd 40 jamaah. Ketua rombongan dibantu lagi oleh para ketua regu yang memimpin 10 orang jamaah. Pembagian rombongan biasanya berdasarkan kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) yang diikuti masing-masing jamaah. Ketua rombongan dari KBIH biasanya adalah pembimbing haji dari KBIH itu sendiri.

Rombongan kami adalah rombongan non KBIH yang terdiri dari 31 jamaah. Ketua rombongan dipilih secara musyawarah sebelum kami berangkat. Alhamdulillah, ketua rombongan yang terpilih memiliki kemampuan memimpin yang baik dan sedikit banyak paham mengenai ibadah haji ini karena memang diantara rombongan kami ada beberapa ustadz dan penghulu dari KUA.

Beberapa keputusan yang menyangkut hal-hal yang penting selalu dimusyawarahkan terlebih dahulu baik dengan ketua regu maupun seluruh rombongan. Memang terkadang untuk mengambil keputusan perlu waktu karena perlu ada titik temu untuk mencapai mufakat. Namun dengan cara seperti inilah suasana kebersamaan dan saling menghormati satu sama lain lebih terasa.

Komentar
  1. Abdul Sidik mengatakan:

    Musyawarah adalah hal yang paling penting dalam menentukan keputusan, salam persahabatan…

  2. Sundagasik mengatakan:

    Musyawarah adalah syariat nya Kang😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s