Fadhilah Masjidil Haram yang Sering Diabaikan

Posted: 13 Januari 2011 in serambi
Tag:,

Fadhilah ibadah di Masjidil Haram adalah 100 ribu kali dibandingkan ibadah di tempat lain. Sungguh pahala yang luar biasa tingginya. Apabila dikalkulasikan dalam usia manusia maka setara dengan 50 tahun seseorang beribadah.

Jemaah haji ONH biasa, biasanya mempunyai kesempatan sholat di Masjidil Haram selama 30 hari. Kalau rata-rata sholat fardhu 5 x dalam sehari maka pahala yang diperoleh sebesar 15 juta pahala lebih tinggi dari sholat ditempat lain. Belum lagi ditambah sholat sunnat rawatib.

Suatu perbedaan yang sangat-sangat besar antara yang melaksanakan haji dan yang tidak. Maka dengan pahala yang luar biasa tersebut, para jamaah haji punya tabungan amal yang sangat besar dan sulit disamai dengan ibadah yang sama di tempat lain. Tetapi hal ini bukan berarti setelah ibadah haji, kita boleh meninggalkan sholat karena merasa sudah mempunyai tabungan pahala yang banyak.

Walaupun begitu diantara jamaah haji Indonesia banyak yang tidak terlalu memperhatikan hal ini. Banyak jamaah haji yang minim sekali melakukan sholat berjamaah di Masjidil Haram dengan alasan jauh dari Maktab atau tempat tinggal di Mekah. Apalagi di Maktab sudah disediakan mushola yang bisa menampung puluhan orang untuk sholat berjamaah. Maka fasilitas ini merupakan ujian dari kesungguhan kita dalam melaksanakan sholat di Masjidil Haram.

Oleh karena itu, penting sekali bagi seorang Jamaah khususnya yang tinggal agak jauh dari Masjidil Haram seperti maktab saya di wilayah Bakhutma untuk mengatur pola ibadahnya. Apabila kondisi fit, maka tidak ada halangan untuk senantiasa sholat di Masjidil Haram. Tetapi apabila tidak fit, maka minimal 2 kali sholat wajib dilakukan di sana, misalkan dengan mengambil waktu sholat Dhuhur dan Ashar atau Maghrib dan Isya. Mudah-mudahan dengan cara ini peluang beribadah yang mungkin hanya sekali dalam seumur hidup ini dapat dimaksimalkan. Wallahu Alam

Komentar
  1. Vidzas Erdien mengatakan:

    Duh kacida bagjana hamba Allah anu tos tiasa ibadah kalayan khusyu di Masjidil Haram nya Kang. Mudah-mudahan ayi ge tiasa diparengkeun ku Mantenna supados tiasa sujud kalayan khusyu di payuneunana. Amin!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s