Stretching di Embarkasi

Posted: 9 Januari 2011 in serambi
Tag:

Perjalanan ke tanah suci memerlukan kesabaran dan keteguhan dalam menjaga akidah, niat dan amalan. Menurut ulama, komposisi ibadah haji terdiri dari kesabaran sebesar 60%, ibadah 30% dan lain-lain 10%.

Banyak calon jamaah haji yang tidak memperhatikan esensi haji ini. Saat melakukan perjalanan dari rumah sampai di Embarkasi, banyak yang tidak mengoptimalkan waktu yang ada untuk beribadah. Kalau diperhatikan, banyak calon jamaah haji yang menghabiskan waktu dengan ngobrol di kamar atau bersenda gurau, padahal waktu yang tersedia selama di Embarkasi sebenarnya cukup lama yaitu sekitar 20 jam.

Dengan waktu yang cukup lama ini, bisa digunakan untuk berbagai macam amalan diantaranya membaca Al-Qur’an, Dzikir, Sholat Sunat, dan Menimba Ilmu. Disinilah ujian sebenarnya dari proses haji. Apakah niat dari calon jamaah haji sudah lurus dari awal hingga akhir. Ataukah menganggap ibadah haji ini adalah bentuk ritual semata di Mekah dan Madinah dan tidak ada kaitan sama sekali dengan perjalanan sebelum dan sesudahnya. Wallahu Alam.

Selama di Embarkasi terdapat kegiatan positip yang diarahkan oleh Kementerian Agama seperti Latihan Manasik Haji yang dilakukan selepas sholat Subuh. Kegiatan yang berlangsung lebih kurang 2 (dua) jam ini, hanya diikuti sebagian kecil jamaah saja. Mungkin sebagian besar sudah terlalu sering mengikuti Latihan Manasik Haji sebelumnya sehingga merasa cukup dengan ilmu dan pengalaman yang dimiliki. Padahal inilah kesempatan berharga dan yang terakhir untuk mengasah ilmu dan praktek sekaligus Streching atau Pemanasan sebelum melaksanakan ibadah haji yang sesungguhnya

Komentar
  1. Erdien mengatakan:

    Duh…. hatur nuhun Kang, ieu pelajaran pertama kanggo ayi. Insya Alloh ieu pangalaman ti Akang ku ayi diestokeun pisan. Barakallahu fikum!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s