Seberapa Penting Target dalam Kehidupan Anda

Posted: 22 Juni 2010 in Motivasi
Tag:, ,

Target adalah sesuatu hal yang ingin dan harus dicapai oleh seorang individu, sekelompok orang atau organisasi dalam jangka waktu tertentu. Kata orang, target itu harus spesifik, dapat diukur, realistis dan berbatas waktu.

Dalam suatu organisasi atau perusahaan, target adalah suatu keniscayaan. Bagaimana jadinya bila suatu perusahaan tidak punya target.

Pasti akan sulit menilai kemajuan perusahaan tersebut. Mau berapa pun untungnya, tidak ada yang bisa mengatakan perusahaan itu sukses. Atau bahkan dalam keadaan rugi pun, mungkin perusahaan tersebut akan adem ayem saja dan ga sadar sudah diambang kebangkrutan.

Dampak lain dari tidak adanya target dalam perusahaan adalah kesulitan dalam mengelola karyawan. Jajaran manajemen akan lebih sulit untuk memacu karyawan agar lebih berprestasi karena ga ada tolak ukurnya. Kata babe sih, if you can’t measure it, you can’t manage it.

Ok hal di atas adalah sekelumit eksistensi target di perusahaan atau organisasi, lalu bagaimana dengan kehidupan pribadi, apakah target itu ada. Atau mestikah kita punya target-target tertentu dalam hidup ini. Tentu saja itu sangat tergantung dari pola pikir dan sifat masing-masing orang.

Sebagian orang menganggap penetapan target dalam kehidupan pribadi sangat dan sangatlah penting. Karena dengan adanya target, akan menjadi roket pendorong untuk terus berprestasi. Dan dengan adanya target, maka hidup ini akan jauh lebih hidup.

Tapi bagi yang lain, adanya target akan menjadi beban yang akan menyusahkannya. Baginya, adanya target-target dalam kehidupan pribadi akan membuatnya stress dan tidak bisa menikmati hidup. Hidup ini sudah susah mengapa harus dibuat susah lagi. Hidup jalani saja, itu katanya.

Lalu bagaimana dengan Anda, seberapa pentingkah target dalam kehidupan pribadi Anda. Punya target segudang, sekotak atau kosong dan pasrah saja pada keadaan. Mari kita merenung dan coba kita tanyakan pada rumput yang sudah cape bergoyang.

Komentar
  1. Mochammad mengatakan:

    Numpang pendapat, kawan🙂

    Ada sebagian orang yang terbiasa hidup dengan target-target dan sebagiannya lagi hidup dengan semboyan “biarkan seperti air mengalir”. Semua tidak ada yang salah, kok.
    Bagi yang terpola hidup dengan target-target tertentu, akan sangat baik kalau dalam mencapai target-targetnya itu ditempuh dengan cara yang sesuai koridor, dengan usaha-usaha yang normais. Jika tidak? Akan merugikan diri sendiri dan bahkan bisa merugikan orang lain. Merugikan diri sendiri karena akan hidup seperti dikejar-kejar, pontang-panting demi mencapai targetnya. Akan merugikan orang lain jika dalam meraih target yang diinginkannya dilakukan dengan cara “menyikut” orang lain, menelikung.
    Sementara itu, bagi yang berpikir “biarlah hidup mengalir seperti air” tentu konsekuensinya akan hidup dalam taraf yang standar-standar saja kalau dengan pola seperti itu masih ada usaha. Sebaliknya, akan terpuruk karena sudah berpola pikir seperti itu dibarengi dengan sifat malas.
    Di atas semua itu, yang penting dalam hidup seseorang harus punya tujuan. Dengan tujuan itu seseorang akan punya perencanaan dalam mencapai tujuannya itu.
    Saya pribadi lebih senang hidup dengan tujuan yang jelas dan pasti. Itu saja…
    Hidup itu itu indah dengan segala warnanya, gak perlu ngoyo berlebihan tapi sukses.🙂

    Salam kenal

    Mochammad
    http://mochammad4s.wordpress.com/

    Saling ngelink, yuk, kalau berkenan. Mungkin kita bisa berdiskusi dalam beberapa hal.

  2. Aas Maesyanurdin mengatakan:

    tks mas, sudah menambahkan bolong2nya artikel di atas.
    tks lagi sdh menautkan blog ini di blog anda.

  3. Mochammad mengatakan:

    Sama-sama, As..
    Blogku boleh bertaut diblogmu?🙂

  4. Aas Maesyanurdin mengatakan:

    silahkan dicek saja

  5. Khalid Abdullah mengatakan:

    Sangat penting !!!!! kalau tidak punya target saya merasa hidup saya kurang bersemangat dan tidak ada pacuan !

  6. suarakelana berbisik mengatakan:

    saya enggak sempat lagi memikirkan penting tidaknya, bahkan apakah pendapat saya tentang itu juga penting saya tidak tahu. Sebab seluruh dunia sudah mengatakan “harus penting”.

  7. Erdien mengatakan:

    Manusia diciptakan dengan dibebankan kepadanya target yang sudah pasti. Sang Pencipta pun tentunya punya target tertentu. Kita pun makhluk-Nya selayaknya punya target untuk mencapai target amanat dan target pribadi kita sendiri🙂
    Tanpa target hidup ini akan biasa-biasa saja, nggak ada istimewanya🙂

  8. trafficsakti mengatakan:

    Benar mas tercapainya target hidup di dunia harus berkesinambungan dengan target akhirat yang lebih abadi.

  9. Mas Hengky mengatakan:

    target atau gol atau cita-cita adalah impian yang belum tercapai..

    justru dengan impian itu, kita jadi punya motivasi bagus untuk meraihnya

  10. Saung Tani mengatakan:

    Target menurut saya sangat penting, tanpa target yang terarah dan terukur, kita kesulitan untuk mengukur sejauhmana kinerja kita

  11. Sugiana Hadisuwarto mengatakan:

    Tanpa target bbagaimana kita bisa mengevaluasi program atau kinerja kita? so..sangat penting bagi punya target kalau kita ingin sukses…

  12. fadly muin mengatakan:

    target mirip dengan impian, namun agag berbeda pada aplikasinya.

    target lebih kepada langkah kongkrit, sementara impian adalah ilustrasi besar yang hanya bisa dilihat oleh si empunya mimpi..

    menurut saya, target itu penting sebagai fase-fase penciptaan berjangka..

    sip mas Aas..

  13. Mas Hengky mengatakan:

    penting dong gan.. masa gak penting? heheheh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s