Personal Branding

Posted: 6 Juni 2010 in Pemasaran
Tag:,

Kalau mendengar istilah “Special One”, pasti sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta bola. Ya julukan itu, sudah terlanjur melekat pada seorang pelatih berkebangsaan Portugal yaitu Jose Mourinho. Ia sendiri yang memproklamirkan dirinya sebagai Special One, pada saat melatih Chelsea dan membawa Chelsea dua kali berturut-turut menjuarai Liga Inggris.

Special One bagi Jose Mourinho merupakan bentuk Personal Branding sebagai pelatih sepabola yang mampu menggaransi label juara untuk setiap klub yang ditanganinya. Mulai dari FC Porto yang meraih gelar Juara Liga Champion, Chelsea yang meraih dua kali Liga Inggris dan yang terakhir Inter Milan yang sukses meraih Tribble Winner dimusim ini.

Menyimak keberhasilan Personal Branding seorang Jose Mourinho dengan segala prestasi dan keberaniannya dalam berkomentar, apakah kita juga berani melakukan hal yang sama dengan JM. Tentu saja tidak semudah itu. Sebelum melakukan Personal Branding, terlebih dahulu kita harus mengetahui secara persis kekuatan kita dan juga differensiasi kita dibandingkan dengan yang lain.

Dalam dunia blog, dari sekian banyak blogger yang malang melintang di blogosphere, masih sedikit yang mampu menampilkan personal branding yang begitu kuat dan tampil beda. Dalam catatan blogroll saya, beberapa blogger sudah mempunyai kapasitas personal branding tersebut. Ada yang mengambil Personal Branding sebagai Motivator, Mentor Bisnis, Netpreuneur, Pecinta Lingkungan Hidup, Marketer, dsb. Pada saat kita menyebutkan namanya saja, sudah tergambar isi dan karakter blognya seperti apa.

Tentu saja upaya untuk memperoleh Personal Branding khususnya dalam dunia blog tidak sekedar mengaklamasikan dalam bentuk tagline saja, tetapi perlu didukung oleh konsistensi dan konsekuensi seorang Blogger.

Konsisten disini adalah konsisten dalam membuat postingan secara teratur. Jangan sampai angin-anginan, saat angin ribut rajin nulis tetapi di saat angin sepoi-sepoi boro-boro posting artikel, komentar di blogpun tidak pernah. Selain konsisten dari segi waktu, dibutuhkan juga konsisten dalam menjaga kualitas artikel dan komentar. Yang terakhir ini sangat penting bagaikan produk yang harus dijaga kualitas dan pelayanan kepada para pelanggannya.

Sedangkan konsekuen disini berarti memegang teguh apa-apa yang telah dikomitmenkan. Ia tidak takut menerima koreksi atau kritik dari blogger lainnya. Karena pada dasarnya, koreksi dan kritik merupakan umpan balik yang akan bermanfaat untuk kemajuan dirinya. Selain itu, ia juga bahkan tidak segan untuk memberikan masukan dan kritik kepada blogger lain. Dengan cara begini, Personal Brand seorang blogger akan terbangun dan makin kuat.

Akhirnya, apapun dari Personal Branding yang ingin ditampillkan, tetaplah wajar dan berani tampil menjadi diri sendiri. Terlalu banyak energi yang keluar jika Brand yang ingin ditampilkan tidak sesuai dengan kekuatan dan kemampuan kita yang sebenarnya.

Komentar
  1. kawanlama95 mengatakan:

    Alamaendah dia seorang blogger pencinta terhadap lingkungan. Khaerudin sah seorang blogger seo atau rumah sehat afiat blog tentang kesehatan islami.

    Selamat malam semoga sehat

  2. Delia mengatakan:

    Setuju pak…
    Hari konsekuen dan komitmen…..
    kalo personal branding jujur lia masih belum yakin walau idenya emang curhat hehehe….

    Mudah2an kita selalu bisa menjadi diri sendiri dalam ngeblog ^_^

  3. Khalid Abdullah mengatakan:

    pas kalimat yang ini nich pak :

    ” Terlalu banyak energi yang keluar jika Brand yang ingin ditampilkan tidak sesuai dengan kekuatan dan kemampuan kita yang sebenarnya. ”

    bener banget !!!!

    pas sma, saya yang gak bisa diem… pengen terlihat dan dikenal cool didepan wanita yang saya taksir….. ya ampun !!!! capek pak !

  4. Erdien|Sundagasik mengatakan:

    Muhun Kang. Allah oge teu ngabeuratkeun hamba-Na ngalangkungan kafasitasna. Janten, nya urang oge tangtosna kedah ngupayakeun anu janten potensi urang sewang-sewangan🙂 Teu kedah kaleuleuwihi. Kita nya Kang?

  5. suarakelana mengatakan:

    segmentasikan semua kemampuan kita, pilih yg terbaik, tuangkan dalam blog, buat sentuhan yg berbeda, sampaikan secara konsisten dlm menulis dan berkomentar.
    Gitu kali ya Kang ?

  6. darahbiroe mengatakan:

    hehhe special one
    jose mourinho
    kerennnn dan mangtab😀

  7. kawanlama95 mengatakan:

    kekhasan suatu blog memang butuh waktu dan rencana yang matang.ini berkaitan dengan materi yang dipunya. dan yang terpenting Niat sang narablog sendiri , mau diapakan blognya… salam sehat . ada lowongan pekerjaan di tempat saya … ada yang mau kerja ke luar negri silahkan…liat di blog kami

  8. Khery Sudeska mengatakan:

    Kalau masalah menguatkan personal branding ini masih merupakan pekerjaan yang sulit bagi saya, Kang. Konten blog saya lebih cenderung hanya sekedar ulasan dari beberapa kejadian…

  9. Delia mengatakan:

    Berkunjung lagi pak..
    terima kasih ^_^

  10. Adi mengatakan:

    Emang kudu jd diri ndri, gk kamuflase2 biar terlihat jd baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s