Tidak Sekedar Belajar

Posted: 22 Mei 2010 in Motivasi
Tag:

Menyusul postingan saya sebelumnya yaitu Tidak Sekedar Nama, judul postingan kali ini mengambil judul yang hampir sama tetapi berbeda tema. Kali ini sekedar sharing pengalaman, yang mungkin sering dialami juga oleh para blogger lainnya.

Minggu lalu, saya mengikuti suatu pelatihan yang diadakan oleh perusahaan. Ada yang tidak biasa dalam pelatihan kali ini, semua peserta terlihat antusias. Mungkin karena peserta yang hadir ini adalah peserta terpilih hasil seleksi yang dilakukan sebelumnya. Atau mungkin juga karena sebagian peserta adalah wakil dari beberapa divisi dan wilayah.

Materi demi materi, diikuti secara serius oleh para peserta. Dan secara seksama dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, seluruh materi yang terdiri dari lebih dari tiga puluh modul harus diserap dalam waktu hanya lima hari.

Konsekuensinya, materi demi materi dibawakan secara cepat oleh para Mentor dan nyaris tanpa jeda apalagi diselingi dengan diskusi yang hangat dan panjang lebar sebagaimana pelatihan-pelatihan sebelumnya.

Setiap hari diberikan ujian tertulis untuk mengukur daya serap peserta. Hasil ujian harian ini diperiksa langsung dan diumumkan secara terbuka. Ada yang menarik dengan cara ini, para peserta menjadi sangat termotivasi untuk belajar dan memahami materi sebaik mungkin.

Bahkan ada peserta yang sengaja belajar sampai malam dan pagi hari. Luar Biasa!! Setelah sekian puluh kali mengikuti pelatihan, baru kali ini menemukan atmosphere pembelajaran yang tinggi seperti ini.

Dan memang hasilnya luar biasa, rata-rata nilai ujian harian yang diperoleh peserta meningkat secara tajam dari hari ke hari. Walaupun pada sesi ujian akhir belum bisa diketahui hasilnya, namun bisa diprediksikan hasil rata-rata peserta akan jauh lebih baik.

Selain pelajarannya itu sendiri yang sangat bermanfaat, ada hikmah di balik sesi pelatihan yang saya ikuti kali ini yaitu :

1. Penggunaan otak kita untuk belajar masih jauh dari optimal, oleh karena itu jangan takut otak kita hang karena sering belajar.

2. Belajar tanpa tujuan, akan sulit menemukan keberhasilan. Hal ini bisa diibaratkan kalau kita berpergian tanpa tujuan, yang diperoleh hanyalah lelah atau cape saja.

3. Fokuslah pada saat mendengarkan dalam menyerap dan memahami ilmu, apabila perlu turunkan frekuensi otak kita ke zona Alpha. (lihat postingan Utak Atik Otak).

4. Ukurlah prestasi belajar secara berkala, kalau perlu adakan kompetisi untuk meningkatkan adrenalin pembelajaran kita.

Namun kalaupun dari hasil belajar ini, tidak mendapatkan nilai yang terbaik diantara yang lain, minimal ada lesson learn yang dihasilkan. Kita mendapat pelajaran tidak sekedar dari belajar, tetapi lebih dari itu adalah semangat belajar yang terus tumbuh secara tidak sadar dalam diri kita.

Apapun dunianya, apakah itu dunia akademik, bisnis, olahraga, musik atau bahkan dengan blogging seperti inipun, kita dapat memanfaatkannya sebagai media belajar untuk menjadi manusia yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Komentar
  1. trafficsakti mengatakan:

    Sukses dech pelatihannya,tetap semangat take Action

  2. Delia mengatakan:

    Gak ada alasan untuk tidak belajar kan Pak🙂
    Bagus sekali ya Pelatihannya..bisa minta bocoran pelatihan seperti apakah itu😀

    Semoga berjalan lancar ya pak🙂

  3. Mvstova mengatakan:

    ohh jadi ga akan hang ya kalo kita overlimit belajaranya.. kiraiin bisa gitu hang, tau2 pala ngebul. hehe..

    nice post, pak. ^^

  4. fadly muin mengatakan:

    belajar adalah ungkapan dedikasi yang tajam untuk meningkatkan kualitas diri. jadi belajar haruslah sungguh-sungguh.

    • Aas Maesyanurdin mengatakan:

      maaf mas , baru ketahuan kena askimet jadi ga langsung muncul..
      memang apapun jenis kegiatannya, kalau ngga sungguh2 tdk akan maksimal baik dalam proses maupun hasilnya. tks atas masukannya

  5. Andre mengatakan:

    Belajar itu proses,, ntah ada hasilnya atau tidak yang penting ada pembelajaran yang diambil dalam proses tersebut.. Bukan begitu pak?

  6. Selama masih ada nyawa kita tetap harus belajar. Dlm hal apapun..karena ilmu itu buanyak dan kita tahunya hanya sedikit.

    Wah, keknya masih bersambung artikel ini.
    Mgkin bisa review materinya. .hahaha

  7. Afif logicprobe10 mengatakan:

    banyak sekali tempat belajar di dunia ini, jika kita punya kemauan🙂

  8. Adi mengatakan:

    Kaya proklamasi aja.XP ehehe, salam kenal,

  9. suarakelana mengatakan:

    setuju, otak kita emang luar biasa kapasitas dan ketahanannya. Otak tua saya aja masih berfungsi bagus dan berani bertanding deh, asal jangan di ruang kelas, hehehe…… tunduh Kang

  10. Agus Siswoyo mengatakan:

    speecless nih baca tulisan ini. saya hanya bisa berkata: I like this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s