Tidak Sekedar Nama

Posted: 15 Mei 2010 in Pemasaran
Tag:,

Setiap orang pasti mempunyai nama. Nama diberikan sebagai identitas diri untuk membedakan dengan yang lain. Apa jadinya kalau orang diberikan nama yang sama dengan orang lain tanpa ada unsur pembedanya. Akan bingung kan?

Seperti yang pernah saya tonton dalam suatu film yang menceritakan kehidupan manusia pra sejarah. Semua orang dinamakan dengan nama “Batu”. Jadi pada saat kepala suku mendata anggotanya, semuanya diabsen satu persatu dengan nama yang sama yaitu Batu tanpa ada tambahan a atau b atau c dst. Anehnya semua berjalan lancar, bahkan Kepala Suku bisa menemukan salah satu warganya yang tidak hadir saat itu. Dan sudah pasti salah satu warga yang tidak hadir saat itu tidak lain dan tidak bukan adalah orang yang bernama Batu. Wkwkwk.

Selain sebagai identitas ternyata nama juga mempunyai peranan penting lainnya. Nama dalam manusia identik dengan Merek atau Brand yang melekat dalam suatu produk. Produk yang tidak mempunyai merek atau brand akan dianggap sebagai barang komoditas.

Barang komoditas seperti produk-produk sembako yang beredar di pasar tradisional, dinilai hanya berdasarkan kuantitas dan kualitas saja. Tidak ada unsur emosi manusia di dalamnya. Bandingkan dengan produk sembako yang ada di pasar modern yang sudah diberikan merek tertentu, emosi konsumen pun akan ikut berperan. Ada unsur kebanggan dan kepuasan tersendiri jika membeli dan mengkonsumsi produk tertentu yang terkenal dan berkualitas.

Tentu saja efek dari hal ini adalah harga produk tersebut akan lebih tinggi daripada produk sejenis lainnya dengan merek yang kurang terkenal atau produk yang tidak mempunyai merek sama sekali. Singkatnya Merek akan memberikan value bagi konsumen dan juga bagi produsen itu sendiri.

Lalu bagaimana halnya dengan penamaan Blog kita, apakah sekedar nama saja atau sudah memberikan value bagi para blogger. Memang tidak mudah agar nama Blog kita memberikan value. Kalau melihat para senior, dibutuhkan niat yang kuat, disertai konsistensi penulisan baik secara kuantitas maupun kualitas serta belajar tanpa henti untuk membangun Blog yang benar-benar valuable. Kalau tidak, Blog kita hanya sekedar komoditas belaka.

Komentar
  1. fadly muin mengatakan:

    ambil posisi dulu mas, nanti balik lagi yah😀

  2. fadly muin mengatakan:

    nama itu penting sekali mas sebagai pembeda dan juga sebagai ciri khas tertentu.

  3. Andre mengatakan:

    Terkadang nama juga membawa sugesti ya pak.. Wortel supermarket pasti lebih prestisius dari wortel pasar..wkwk.. *hiperbola banget*

    • Aas Maesyanurdin mengatakan:

      betul mas Andre, contohnya, coba lihat air minum kalau sudah dikemas dalam botol harganya naik ber-lipat2. Kenapa bisa begitu, karena mungkin mereknya juga punya sugesti tertentu bagi konsumen

  4. jarwadi mengatakan:

    what is a name, that which we called rose by others name would smell as sweet

    halaaaaaaaaaaah saya kok jadi ngawur gin

    salam mas

  5. Ada akbar? mengatakan:

    ciri khas.. bos. .
    lebih enak .sama dibuat happy. . eh. tergantung tujuan juga si . .

  6. delia4ever mengatakan:

    jujur pertama kali ngeblog lia mau buat nama yang punya value..
    tapi bingung juga… akhirnya terciptalah nama seadanya😀

    menurut lia value itu akan muncul belakangan ketika orang lain yang menilai apakah blog kita sudah punya karakter apa belum…. CMIIW

    membuat nama blog yang mudah diingat mungkin bisa sebagai pendongkrak value itu…
    Makasih pak🙂

  7. suarakelana mengatakan:

    apalah artinya nama atau merek…
    itu kan hanya sekedar mudah dipanggil
    hanya sekedar mudah dikenal, hanya sekedar menambah nilai, hanya sekedar meningkatkan sales, hanya sekedar…………………….

  8. Delia mengatakan:

    Berkunjung lagi pak..🙂
    menunggu postingan terbaru😉

  9. […] Sekedar Belajar Menyusul postingan saya sebelumnya yaitu Tidak Sekedar Nama, judul postingan kali ini mengambil judul yang hampir sama tetapi berbeda tema. Kali ini sekedar […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s