Tuning Radio Kita

Posted: 29 April 2010 in serambi
Tag:, ,

Seperti yang telah diulas dalam artikel sebelumnya, otak kita pun mengeluarkan gelombang yang dikategorikan sebagai gelombang Beta, Alpha, Tetha dan Delta. Gelombang otak ini berjalan tanpa kita sadari tetapi sebenarnya ada teknik-teknik tertentu untuk mengatur jenis gelombang yang ingin kita hasilkan seperti halnya mentuning radio kita.

Saya juga pernah mengikuti pelatihan seperti ini, dan langsung dipraktekkan. Pada saat kita berada di alam bawah sadar, pikiran kita akan terfokus. Apabila pikiran terfokus, misalkan kepada seseorang maka kita pun akan menuruti apapun yang diperintahkan oleh orang itu. Barangkali inilah yang terjadi, saat kita melihat acara2 hypnosis di televisi ataupun kejadian2 korban hypnosis lainnya diluar.

Contoh-contoh teknik yang diutarakan para ahli hypnosis misalkan :

1. Untuk merasakan tubuh yang semangat :
– Lari di tempat selama 1-2 menit
– Pikirkan sesuatu yang membangkitkan semangat
– Rasakan bahwa kita Exist didunia ini

2. Relaksasi
– Tutup mata dan tarik nafas yang dalam
– Lemaskan bahu kita
– Putar kepala dengan perlahan dan rileks sampai kita menemukan posisi yang seimbang antara kepala, leher dan bahu kita.
– Lemaskan dan buat rileks rahang kita dan biarkan rahang kita menggantung dengan santai.
– Buat rileks bibir, lidah, dan tenggorokan kita, tarif nafas yang dalam sekali dan hembuskan.
– Bernafaslah dengan santai, perlahan dan semakin dalam selama satu-dua menit.
– Berhenti !!
– Rasakan tubuh kita, ingat sensasi yang kita rasakan dan bandingkan dengan sensasi saat tubuh kita semangat

3. Mengapa pekerjaan dikantor terasa berat, terlalu banyak, tidak pernah selesai, dan Kita harus menghadapi tekanan setiap saat. Kita merasakan hal tersebut karena gelombang otak kita lebih banyak digunakan menghasilkan gelombang beta.

Ingatlah bahwa :
– Kita memang digaji untuk bekerja keras demi pencapaian tujuan perusahaan.
– Pekerjaan Kita tidak banyak, hanya saja kita yang menunda menyelesaikannya.
– Kita menganggap pekerjaan kita tidak pernah selesai, karena kita tidak menyelesaikan pekerjaan satu demi satu sehingga pekerjaan lain bertambah dan terus bertambah.
– Kita merasa tertekan karena tidak bisa mengatasi pikiran kita yang terlalu banyak memikirkan pekerjaan.

Kita dominan menggunakan gelombang otak Beta jadi perhatian kita terbagi kebanyak hal. Sehingga semuanya menumpuk pada alam sadar kita. Kita mengolah data yang sama selama 2 jam dan terus berputar ditempat yang sama, kita menjadi khawatir, tegang dan tidak dapat berpikir kreatif.

Maksimalkan menggunakan ke-empat gelombang otak secara proporsional. Umumnya proses kreativitas dan penyelesaian berbagai masalah dan pekerjaan dapat kita lakukan melalui gelombang otak alpha dan theta.
Ketika kita merasa mudah tertekan dan stress gunakan Relaksasi untuk mengendalikan gelombang otak Beta yang sedang dominan dalam otak kita.

Saat sedang marah atau emosi tinggi, kita biasanya diminta untuk duduk dan kadangkala diminta untuk berbaring. Cara ini cukup efektif untuk membantu menurunkan aktivitas gelombang beta.
Mengkondisikan gerakan tubuh dapat membantu kita mengatur gelombang otak.

Komentar
  1. Ahmad IM-bisnis mengatakan:

    nice posting mas…saya sangat termotivasi dan lebih fresh lagi rasanya otak ini..thx ya

  2. delia4ever mengatakan:

    Terima kasih mas postingannya…
    lia suka banget saat ini baca2 buku hypnosis..🙂

  3. ideproduk.com mengatakan:

    waduh mw donk ilmu hypnosis mas..

    salam kenal.

  4. Hakim mengatakan:

    hem, mantap nih tipsnya, kalo di baca doang ga seru, lebih seru dipraktekkan.

    salam kenal mas

  5. suarakelana mengatakan:

    tuh bener kan bisa diatur modulasinya….
    gerakan2 itu sama aja potensiometer buat mengatur R, L, C nya, hehehe…..

    coba ah, mumpung lagi tegang nih leher

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s