Takut Sukses

Posted: 22 April 2010 in Motivasi
Tag:,

Semua orang yang normal di dunia pasti mengidamkan kesuksesan dalam hidupnya. Kesuksesan disini dalam artian yang luas, bisa bersifat materi maupun non materi. Mengapa orang ingin sukses. Apakah Kesuksesan identik dengan Kebahagiaan. Secara kontekstual belum tentu namun dalam prakteknya hampir mendekati. Namun apakah ada orang yang takut sukses?

Sebelum menjawab kenapa ada orang takut sukses, lebih baik mengetahui sukses itu seperti apa. Kajian kesuksesan sangat banyak. Dengan berbagai sudut pandang dan metode, para penulis membuat buku tentang Kesuksesan. Walaupun begitu, kalau kita amati dari buku-buku tersebut, ada beberapa keyword yang sering muncul diantaranya Berpikir Positip, Visi, Berani Mengambil Resiko dan Tangguh.

No Immediate Miracle begitu kata rekan saya Sabri Rasyid mengistilahkan bahwa tidak ada kesuksesan yang bisa diraih dalam sekejap. Semuanya memerlukan proses dimana di dalamnya ada pengorbanan, kesabaran, kegigihan, air mata bahkan darah. Seperti halnya saat kita kecil ketika belajar sepeda, entah berapa kali kita jatuh, tersungkur, menabrak pohon dan sebagainya namun kita terus berlatih walau luka di lutut belum kering.

Namun dalam perjalanan waktu, semakin kita besar, semakin kita tua, semakin kita takut akan kesulitan (Lihat tulisan Mas Fadly tentang ini). Seolah tidak berpikir proses yang harus dilewati, kita ingin apa yang kita usahakan, dalam sekejap harus berhasil. Inilah yang dinamakan sindrom Takut Sukses. Takut Sukses berarti takut untuk menghadapi resiko, takut menerima cobaan, takut menghadapi kesulitan dan jenis-jenis ketakutan lainnya. So.. jangan takut sukses, sukses untuk Anda yang benar-benar mau sukses.

Komentar
  1. Ahmad IM-bisnis mengatakan:

    Sukses untuk Anda juga mas

  2. Aas Maesyanurdin mengatakan:

    terimakasih mas Ahmad,.. sering-sering mampir y

  3. fadly muin mengatakan:

    saya senang tulisan ini. sederhana dan jernih. bukan karena ada nama saya disitu yah..

    tapi pesan singkatnya sungguh cepa melekat dihati. tulisan seperti ini mantap nih mas Aas..

    terutama tentang cara memposisikan rasa takut terhadap kesukesan. walau semua orang pasti akan menjawab “saya berani sukses!” tapi pada prakteknya kita akan ditantang dengan segala hal yang menguji keberanian kita untuk mencoba..

    • Aas Maesyanurdin mengatakan:

      trims Mas Fadly, … seperti halnya penyanyi kalau lagu tidak dijiwai akan terasa hambar…mungkin tulisan ini sangat sederhana, tapi saya suka karena memang saat-saat inilah saya sedang diuji dan harus termotivasi.

  4. Agus Siswoyo mengatakan:

    Sukses tidak dibangun dalam semalam suntuk. Butuh waktu agar proses pencapaian itu benar-benar memberi efek pembelajaran untuk tahap berikutnya.

    Tulisan yang bagus mas.

  5. rauff risharasakti mengatakan:

    Sukses!!! Aku pengen sukses

  6. mastyodion mengatakan:

    sukses dan kegagalan adalah satu paket, sehingga bila kita mau sukses kita juga harus siap menghadapi kegagalan yang menyertainya. Tinggal kita menyikapi kegagalan yang mgkn terjadi untuk memicu kita meraih yang terbaik.

    • Aas Maesyanurdin mengatakan:

      benar mas, “kegagalan penting bagi karir siapa pun” kata Richard Gere … yang lebih ekstrim lagi ….”hanya orang yg berani gagal total akan meraih keberhasilan total” kata John F Kennedy..

  7. iskandaria mengatakan:

    Saya rasa takut yang dimaksudkan di atas lebih kepada takut untuk menghadapi resiko dan takut untuk menghadapi kesulitan dalam menggapai sukses. Jadi sebenarnya kurang tepat kalau diidentikkan dengan takut sukses.

    Hemat saya, tidak ada orang yang takut sukses. Secara alamiah, semua orang pasti akan senang untuk sukses. Yang mereka takutkan lebih kepada keadaan yang harus dihadapi dalam mencapainya. Ini cuma pendapat pribadi saya sih.

    • Aas Maesyanurdin mengatakan:

      betul Mas Is, istilah takut sukses adalah takut akan proses suksesnya… bukan pada saat suksesnya. Pengambilan istilah ini lebih bersifat “passion” seperti halnya istilah “berani gagal”.

  8. Cara Membuat Facebook mengatakan:

    kita harus berani untuk bisa sukses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s